Wednesday, September 20, 2017

Beberapa Hal Penyebab Laptop atau Komputer Lemot - Windows

Bekerja di bidang industri kreatif memang cukup menjanjikan namun kita juga dituntut untuk memiliki mobilitas yang tinggi, perangkat laptop-pun menjadi teman baik yang selalu diajak kemanapun anda pergi. Namun apa yang harus dilakukan jika laptop kesayangan kamu mulai terasa lambat saat digunakan untuk bekerja. Bagi pengguna awam, penurunan kinerja laptop atau komputer bisa menjadi masalah memusingkan dan bukanlah perkara yang mudah untuk dihadapi. Maka dari itu kali ini akan saya tuliskan beberapa penyabab laptop lemot dan solusinya.

1. Hard Drive Melemah


Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mengetahui jenis hard drive atau hard disk yang digunakan oleh laptop anda, jika ternyata masih menggunakan tipe hard drive konvensional yakni HDD atau Hard Disk Drive maka disarankan untuk mengganti hard drive ke jenis SSD atau Solid State Drive yang memiliki kemampuan lebih cepat dan awet dibandingkan dengan HDD.
HDD memang memiliki beberapa kelemahan yang bisa mempengaruhi performa laptop seperti prosesmenyimpan dan membaca data yang memakan waktu dan daya yang lebih besar. Ditambah lagi HDD rentan terhadap benturan atau guncangan.

2. Data dan Program yang Menumpuk


Semakin banyak data dan software yang disimpan di dalam hard drive maka akan memperbesar beban kerja hard drive dalam mencari dan membaca data yang kamu butuhkan. Kondisi ini-pun akan membuat performa laptop akan menjadi semakin lambat dari hari ke hari. Selain mengganti jenis hard drive, solusi untuk mengatasinya adalah dengan secara rutin merapihkan atau menghapus data atau file serta menghapus program-program yang sudah tidak anda gunakan lagi di laptop.

3. Terlalu Banyak Multitasking


Akibat dari laptop lambat, bisa jadi karena anda terlalu banyak melakukan aktifitas multitasking seperti membuka browser dengan puluhan tab atau membuka beberapa program berat secara bersamaan. Coba anda buka task manager dan lihat tab processes, dari situ anda bisa lihat daftar program yang sedang berjalan dan memakan banyak RAM. Solusinya, anda harus bijak, bukalah program secara bergantian hanya saat dibutuhkan.

4. Kapasitas RAM Menipis


Faktor lain menurunnya performa laptop juga dipengaruhi oleh kondisi dan kapasitas RAM. Anda pasti tahu jika RAM berfungsi sebagai penyedia penyimpanan data sementara? Besarnya jumlah data yang berjalan saat melakukan aktifitas multitasking, efek panas laptop yang dihasilkan saat digunakan hingga banyanya program yang terinstal semakin lama semakin membuat beban kekrja RAM bertambah. Solusi paling jitu menambah performa laptop adalah menambah atau mengganti kapasitas RAM dan pastikan memilih RAM yang berkualitas dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

5. Update Otomatis


Hal ini boleh diwaspadai terutama jika kamu menggunakan Windows 10 dan melakukan update secara rutin. Sistem operasi memang menawarkan banyak fitur baru yang canggih mulai dari tingkat keamanan dan performa laptop itu sendiri. Sistem Operasi menawarkan banyak fitur baru yang canggih jadi memang sangat disarankan untuk install update terbaru. Sayangnya fitur windows update yang berjalan di latar belakang juga bisa menyebabkan performa laptop saat dibutuhkan menjadi menurun dan penggunaan baterai cepat habis. Solusinya sederhana anda dapat mengatur jam aktif kapan windows update berjalan sehingga tidak mengganggu anda saat jam kerja, caranya buka setting dan pilih windows update.

1 comments

MSOfficeKey said...

Avast Cleanup Premium Crack

Avast cleanup premium key The name of another and amazing programming item to tidy up and improve your framework speed. In the event that you are additionally a gathering of individuals who have been working persistently with your PC framework for quite a long time, almost certainly, it's been an issue for you to hinder the speed of your PC at any rate once. Avast cleanup premium key can check your framework for current blunders that might be caused to hinder your framework and afterward attempt to fix them. With this incredible programming, you can help your pc speed, eliminate garbage documents, let loose circle space and all that may hinder your pc.

Avast Cleanup Premium Crack

Avast Premier License File