Wednesday, October 9, 2019

Cara Membuat dan Mengatur Facebook Ads atau Iklan Facebook

Kira-kira, seperti apa target audiens atau pasarmu? Tentunya kamu harus bisa menjawabnya. Kamu bisa membaginya berdasarkan referensi minat, umur, usia, gender, atau bahkan kelas ekonomi. Milikilah bayangan pasar khusus (biasa disebut niche market) saat kamu mulai mengembangkan bisnis.


Berikut adalah langkah-langkah yang harus kamu lakukan bila kalau ingin memasang iklan lewat Facebook Ads!

Login ke Facebook Ads

Kunjungi website Facebook Ads dan klik “Buat Iklan.” Setelah itu, login menggunakan akun Facebook-mu yang digunakan untuk mengelola halaman iklan. Nanti kamu akan langsung menuju ke page Facebook Ads Manager. Jika halaman yang kamu buka bukan halaman pengaturan Facebook Ads, klik “Pusat Iklan” untuk mengarahkanmu ke langkah selanjutnya.

Mulai Promosikan Iklan


Setelah sampai di halaman pengaturan Facebook Ads, klik panel “Promosikan” di sebelah kiri atas untuk menampilkan halaman pop-up yang menawarkanmu beberapa pilihan cara mengembangkan bisnis, seperti mempromosikan halaman, mempromosikan bisnis secara lokal, menambah pengunjung website, dan mendapatkan lebih banyak prospek. Kamu bisa meng-klik pilihan yang direkomendasikan, yaitu “Dapatkan Lebih Banyak Pengunjung Situs Web.”


Persiapkan Materi Iklan


Pada halaman ini, isilah informasi terkait halamanmu. Semakin lengkap informasi yang kamu berikan, akan semakin besar kemungkinanmu mendapatkan pengunjung website atau jangkauan yang kamu tuju. Pilih foto dengan kualitas terbaik yang mewakili produkmu, jangan blur atau terlalu gelap. Ingatlah bahwa nantinya foto yang kamu pilih akan ditampilkan dalam ukuran kecil, jangan gunakan foto yang mempunyai detail terlalu kecil.


Saat kamu scroll ke bawah, kamu akan menemukan beberapa detail lain, yaitu durasi penayangan iklan. Tentukan seberapa lama iklanmu akan tayang. Ingat, semakin lama iklanmu tayang, tentu akan memengaruhi seberapa banyak kunjungan di websitemu.

Lakukan Pembayaran
Usai mempersiapkan informasi yang akan kamu iklankan, Facebook akan menentukan jumlah tagihan yang perlu kamu bayarkan. Pada contoh di bawah ini, penayangan iklan selama satu minggu menghabiskan biaya sekitar Rp500 ribu dengan tarif per hari sekitar Rp72 ribu. Harga yang ditampilkan berbeda-beda tergantung informasi apa saja dan iklan apa yang akan kamu tampilkan di halaman Facebook.


Jika kamu sudah selesai menentukan informasi hingga perkiraan biaya yang akan dikeluarkan, klik “Promosikan” agar dapat lanjut ke cara pembayaran. Ada dua cara yang bisa kamu gunakan, yaitu melalui pembayaran debit atau kredit. Berikut ini adalah bank yang bisa digunakan untuk melakukan pembayaran Facebook Ads.


Kesimpulan
Facebook Ads adalah bisnis iklan buatan Facebook yang disajikan kepada pengguna Facebook berdasarkan aktivitas pengguna, informasi demografis, informasi penggunaan perangkat, iklan dan informasi yang disediakan oleh mitra pemasarannya, dan aktivitas online lain yang dilakukan pengguna di luar Facebook.


0 comments: