Thursday, August 31, 2017

Metode Alami Mendatangkan Banyak Pengunjung ke Blog

Trafik Blog

Seorang Blogger pasti senang sekali ketika melihat statistik kunjungan ke blognya terus meningkat dari puluhan naik jadi ratusan dan kemudian bahkan ribuan.

Meningkatkan kunjungan ke blog memang ada banyak caranya, bisa dibagi dua yaitu cara yang natural atau alami dan cara yang tidak alami itu istilah yang saya gunakan.

Cara yang natural atau alami adalah cara yang biasa digunakan oleh blogger-blogger murni yang tidak bertujuan untuk mencari penghasilan dengan adsense atau yang lain. Sedangkan cara yang tidak natural atau tidak alami yang pastinya lebih ribet dan susah itu digunakan oleh blogger-blogger yang pekerjaannya bertujuan SEO atau untuk mencari penghasilan.

Kali ini saya membahas cara yang natural untuk meningkatkan pengunjung blog. Supaya kunjungan ke blog terus meningkat, ada beberapa tips yang dapat anda lakukan seperti yang sedang saya kerjakan saat ini.


1. Meningkatkan Kualitas Artikel yang Akan Dipublikasikan
Pengunjung akan tertarik pada blog anda tentu karena artikel yang anda sajikan bagus, kalau artikel anda bagus maka pengunjung akan mendapatkan kesan tersendiri pada tulisan anda dan kemungkinan besar akan kembali lagi ke blog anda.

Lalu apakah artikel yang bagus itu harus selalu artikel yang serius? sebenarnya tidak juga, yang terpenting isinya informatif, santai untuk dibaca dan berguna bagi para pembacanya. Kadang hal yang sepele sekalipun kalau disajikan dengna menarik dan informatif, itu akan menarik perhatian pengunjung.

Penting bagi seorang blogger untuk membuat tulisan yang informatif dan minimal membuat senang bagi para pembacanya. Perhatikan juga tampilan blog, kalau blog terlalu ramai dan berwarna-warni, berat untuk dimuat atau kadang ada yang warnanya terlalu kontras dan saling bertabrak-tabrakan yang menyakitkan mata, itu tidak akan membuat pengunjung senang.

2. Rajin-rajin Mengunjungi Blog Lain atau Blogwalking
Sering-seringlah mengunjungi blog lain milik blogger lain kemudian meninggalkan komentar yang benar-benar relevan dengan artikel blog yang menandakan bahwa anda telah selesai membaca dan memahami isi dari tulisan tersebut. Jadi jangan hanya meninggalkan komentar seperti "Mantap gan!" atau "Pertamax gan!", jadi komentar yang anda tinggalkan haruslah komentar yang benar-benar berkualitas dan relevan atau sesuai dengan tema tulisan yang ada. 

Tradisi blogwalking saat ini memang sudah sedikit menurun apalagi meninggalkan komentar, jadi banyak blog yang pengunjungnya banyak tetapi komentarnya sedikit. Akan tetapi cara ini tetap bisa anda coba.

3. Memanfaatkan Media Sosial yang Dimiliki
Manfaatkan semua kanal media sosial sebagai sarana untuk mempromosikan artikel dalam blog anda. Jadi ketika anda telah mempublikasiakn sebuah tulisan, kemudian bagikan URL tulisan anda misalkan di Facebook, Twitter, Path, Google+, dan yang lainnya.

Yang harus diperhatikan ketika akan membagikan tulisan di blog anda adalah waktu ketika anda membagikannya di media sosial, karena media sosial memiliki waktu ramai atau prime time tersendiri, tetapi pada umumnya waktu tersebut yaitu pagi sekitar jam 08.00-10.00, siang jam 11.00-13.00, kemudian sore jam 16.00-18.00, malam jam 20.00-22.00. Jadi kalau misal anda membagikan link anda pada saat tengah malam sebenarnya bisa juga, akan tetapi apakah akan ada yang membacanya?

Kemudian yang perlu diperhatikan juga adalah redaksi. Saat membagikan URL tulisan anda sertailah dengan redaksi atau sedikit penjelasan yang mengundang rasa ingin tahu pembaca postingan di media sosial.

4. Bergabung Dengan Komunitas Blogger
Jadi kalau tulisan anda ingin banyak dibaca pengunjung dan ramai dikunjungi, bergabunglah dengan komunitas blogger baik itu komunitas regional atau dengan komunitas blog yang mempunyai topik bahasan sama. Ada banyak sekali komunitas blogger yang ada di Indonesia sekarang, silahkan bergabung pada salah satu atau lebih dan anda bisa mempromosikan blog anda disitu. 

Tetapi ada satu hal yang harus diingat bahwa ketika bergabung dengan sebuah komunitas, jangan berpikiran hanya ingin mempromosikan blog tetapi harus ikut berinteraksi didalamnya mulai dari saling bertanya kabar, saling berkomentar sambil sesekali mempromosikan tulisan pada blog anda. Jadi jangan menjadikan sebuah komunitas sebagai sarana tempat menyetor link untuk promosi tetapi aktiflah di dalamnya.

5. Rutin Menulis Artikel untuk Blog
Semakin sering anda menulis untuk mengisi kontent blog anda apalagi kalau yang anda tulis adalah konten yang berkualitas maka posisi blog anda di indeks mesin pencari itu akan semakin bagus. Serta tulisan yang bagus adalaha bukan hasil dari copy-paste dari konten blog lain maka percayalah posisi blog anda di mesin pencari akan semakin bagus.

Ada satu tips SEO sederhana yang bisa anda praktekkan yaitu menggunakan inbound link yang merupakan tautan atau link untuk menuju ke suatu halaman blog kita sendiri. Hal ini bisa memperkuat posisi tulisan anda di mesin pencari.

Itu tadi beberapa tips sederhana untuk mendatangkan pengunjung secara alami, semoga bermanfaat dan membantu. :)


0 comments: