Tuesday, August 29, 2017

Mendaftarkan Blog ke Webmaster Agar Terindeks Oleh Mesin Pencari - Google

Sebelum saya membahas bagaimana cara mendaftarkan blog anda ke webmaster google, ada baiknya kita sebagai blogger tau apa itu webmaster serta apa fungsi dan manfaatnya untuk blog yang kita miliki.

Webmaster sendiri merupakan sesorang ataupun group yang bekerja dan bertanggung jawab untuk merawat sebuah website agar tetap berjalan baik sebagaimana mestinya. Merawat juga bisa berhubungan dengan pekerjaan membuat, mengupdate, serta mengembangkan program untuk website yang kita miliki. Webmaster juga beratanggung jawab untuk membuat website ataupun blog agar tetap aktif dan dapat dinikmati oleh pengunjung secara baik serta terhindar dari berbagai pelanggaran baik itu pelanggaran dari luar seperti pembajakan website ataupun dari dalam website itu sendiri yang disebabkan oleh software atau perilaku manusia itu sendiri.

Untuk kasus kali ini, saya akan menggunakan Webmaster tools dari Google yang merupakan layanan gratis dari situs mesin pencari google itu sendiri. Webmaster tools google berfungsi untuk mengatur optimasi pencarian google agar website atau blog yang kita miliki selalu terindeks oleh mesin pencari google.




1. Masuk ke Webmaster Google
Untuk dapat mendaftarkan blog anda pada webmaster google, anda harus terlebih dahulu masuk ke Google Search Console. Untuk sampai pada alamat tersebut, anda cukup mengetikan Webmaster Tools Google pada pencarian google, maka akan muncul Google Search Console seperti pada gambar di bawah. Setelah muncul anda klik Google Search Console untuk menuju ke halaman Google Search Console.


2. Mendaftarkan Website atau Blog
Anda akan diminta untuk login menggunakan akun google yang sudah anda punya. Selanjutnya setelah anda mencapai halaman awal Google Search Console, pada bagian kanan akan ada tombol untuk menambahkan properti baru yaitu untuk menambahkan alamat website ataupun blog anda. Klik tombol tersebut dan isikan alamat website atau blog anda pada kolom yang muncul seteleah anda meng-klik tombol tambah properti seperti gambar di bawah ini. Kemudian klik tambah.



3. Verifikasi 
Kemudian langkah selanjutnya anda perlu memverifikasi alamat website yang telah anda masukan tadi. Untuk melakukannya, anda klik gambar roda gigi pada bagian kanan lalu pilih menu Detail Verifikasi.

Kemudian akan muncul beberapa metode verifikasi yang dapat anda lakukan. Untuk memudahkan verifikasi, dalam hal ini saya menggunakan blogger, maka saya menggunakan metode alternatif yaitu menggunakan tag HTML. Pilih Tag HTML kemudian klik tombol verifikasi di bagian bawah.


4. Selesai
Jika verifikasi berhasil, maka kan muncul notifikasi bahwa verifikasi properti anda telah berhasil. Selanjutnya anda tinggal mengatur beberapa pengaturan untuk memaksimalkan optimasi mesin pencari supaya website atau blog anda cepat terindeks oleh mesin pencari google, salah satunya yaitu dengan membuat peta situs atau sitemap.

Semoga langkah ini dapat membantu. :)

Lihat juga :

#Webmaster #SEO

0 comments: