Wednesday, August 30, 2017

Mendapatkan Ide Tulisan yang Berkualitas dan Original untuk Blog



Sebagai seorang blogger pastinya diharuskan untuk merawat dan mengupdate konten atau artikel dalam blog sehingga nantinnya blog akan menjadi selalu up to date dan banyak dikunjungi yang nantinya akan memudahkan untuk proses pendaftaran program iklan Google Adsense atau yang lainnya, sehingga dari blog, kita juga bisa mendapatkan penghasilan.

Kali ini saya akan bercerita tentang Ide, karena ide adalah salah satu hal yang paling sering digunakan sebagai alasan oleh para blogger ketika mereka tidak bisa membuat sebuah artikel untuk di-post pada blog mereka. Banyak blogger yang menyampaikan bahwa mereka tidak tahu harus menulis apa?, tidak ada ide untuk menulis apa.

Alasan-alasan seperti itu adalah alasan yang terlalu dibuat-buat dan tidak masuk akal, karena sebenarnya persoalan ide itu, ada banyak sekali ide yang bisa didapatkan di sekitar kita serta ide juga bisa didapatkan dari mana saja, bahkan kalau Dewi Lestari "Ide itu seperti aliran sungai di alam bawah sadar kita, kita hanya perlu berhenti sejenak untuk turun kesana dan mengambil sereguk dua reguk dari aliran sungai ide itu". Jadi, alasan bahwa tidak ada ide itu adalah alasan yang tidak masuk akal karena sebenarnya ide itu ada di mana saja.

Ide bisa kita dapat dari keseharian kita, mulai dari pekerjaan kita sehari-hari, dari aktivitas yang kita jalani setiap hari, dari saat kita keluar dari rumah menuju ke susatu tempat, dalam perjalanan pasti ada saja hal-hal yang sebenarnya bisa untuk dijadikan tulisan. 

Ide juga bisa kita lihat apa yang sedang ramai diperbincangkan di media sosial atau bisa juga acara di televisi yang sedang ramai diperbincangkan masyarakat luas, bahkan dari buku yang baru anda baca, film yang telah anda tonton, dari situ juga bisa bermunculan banyak sekali ide-ide untuk menulis. Apalagi untuk anda yang senang melakukan perjalanan, pasti akan banyak sekali ide yang bisa didapat dari kegiatan tersebut. Tinggal anda pilih akan menulis ide mana yang nantinya akan anda kembangkan. Akan tetapi memang masalahnya pada saat ingin mengembangkan ide tersebut atau kepekaan untuk menangkap ide-ide itu.

Hal yang bisa anda lakukan ketika menangkap sebuah ide adalah mencatat, bisa menggunakan buku catatan kecil atau bisa juga menggunakan smartphone karena sekarang ini, rata-rata smartphone sudah mempunyai fasilitas untuk mencatat.

Anda bisa mencatat ide yang sedang terlintas berupa semacam judul, ide dasarnya, kemudian anda juga bisa menambahkan dengan catatan-catatan pendek yang nantinya bisa anda kembangkan ketika sudah menemukan komputer. Jadi, ide-ide yang tertangkap itu sudah dicatat kisi-kisinya terlebih dahulu lalu disaat waktu yang tepat yang lebih santai bisa dikembangkan menjadi satu tulisan yang utuh. Intinya adalah bagaimana ide itu tidak hilang begitu saja. Hal itu sering sekali dialami oleh para blogger yaitu ketika mereka tiba-tiba punya ide, tetapi tidak sempat menuliskannya saat itu juga, biasanya akan melewatkan ide tersebut, kemudian ketika ada kesempatan untuk membuka komputer mereka akan mengalami kebingungan ide mana yang akan ditulis karena tidak sempat mencatat ide yang sekelibat terlintas tadi.

Tips lain adalah sering-sering memotret. Misalkan anda sedang berada di luar, berjalan kemudian melihat kemacetan di jalan ataupun menemukan tulisan yang unik di baliho, anda bisa mengambil beberapa foto tentang kemacetan, atau tantang tulisan yang dirasa unik yang anda temui tadi. Sehingga ketika anda tiba di rumah dan sedang ada waktu luang, foto tersebut bisa anda lihat kembali. Biasanya, dari foto bisa memanggil kembali ide serta suasana ketika foto tersebut diambil sehingga bisa menjadi suatu tulisan.

Jadi kesimpulannya, Ide itu ada banyak sekali di sekitar kita, hal yang perlu anda lakukan adalah lebih peka untuk menangkap ide-ide itu.


Terima kasih :).

Link : Gambar.

#Blogger #IdeTulisan

0 comments: