Saturday, September 2, 2017

Destinasi Wisata di Kebumen, Pantai Menganti dengan Beribu Pesona Alamnya

Destinasi Wisata di Kebumen, Pantai Menganti dengan Beribu Pesona Alamnya.


Hamparan bukit nan hijau berpadu dengan hamparan pantai serta ratusan perahu nelayan yang berjajar rapi siap memanjakan mata para pengunjung, selamat datang di kawasan wisata pantai Menganti di Desa Karangduwur, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Kawasan wisata yang berjarak 40 KM dari kota Kebumen ini cukup mudah dijangkau. Lokasi wisata ini juga masih satu kecamatan dengan berbagai lokasi wisata di Kabupaten Kebumen, seperti Goa Jatijajar, Goa Petruk, Pantai Logending, dan masih banyak lagi lokasi wisata di Kecamatan Ayah ini.

Tak sekedar menyajikan keindahan pantainya, di kawasan ini kita juga bisa bersantai di bukit Menganti. Ada juga lembah Mengoneng, area camping, sunset area, hingga Jembatan Merah Gebyuran. Nah yang terakhir itu menjadi lokasi favorit bagi pengunjung yang gemar ber-swafoto atau selfi.




Jembatan Merah Gebyuran merupakan jembatan dari papan kayu berwarna merah yang berada di atas batu karang sepanjang kurang lebih 100 meter dengan salah satu ujung berada di bagian bukit sedangkan sisi lain mengarah langsung menghadap luasnya laut selatan. Deburan ombak yang menghempas batu karang menjadi kesan tersendiri saat berada di atas jembatan ini. Megahnya batu karang yang terhantam oleh dahsyatnya gelombanng laut selatan sehingga membasahi seluruh bebatuan atau biasa disebut masyarakat sekitar dengan istilah digebyur yang kemudian dijadikan sebagai nama jembatan tersebut yaitu Jembatan Merah Gebyuran.

Ratusan gubug-gubug mungil yang berderet di atas perbukitan Menganti juga menambah keindahan kawasan wisata ini. Sambil bersantai, menikmati pemandangan pantai dari ketinggian juga bisa menjadi obat penghilang penat aktifitas sehari-hari.

Wisata pantai menganti saat ini masih dikelola secara swadaya oleh pihak lembaga masyaraat desa Putat. “Menganti itu menawarkan potensi alam yang ada, kebetulan kami punya pantai, ada goa-nya, ada pasir putihnya, ada tebingnya dan sebagainya, satu sisi juga ada potensi untuk para peselancar disini”, begitu kata salah satu pengelola wisata pantai Menganti.

Tidak hanya setiap hari libur atau akhir pekan wisatawan dari luar kota banyak yang memilih kawasan ini sebagai alternatif liburannya. Biaya masuk pantai Menganti-pun relatif terjangkau, hanya 10.000 rupiah saja.


Jadi, apakah anda tertarik untuk mengunjungi pantai Menganti dengan ribuan pesona alamnya di Kebumen?

Link:

0 comments: