Friday, January 26, 2018

Bekerja dari Rumah Sebagai Freelancer

Freelancer, atau asisten virtual, memberikan layanan untuk banyak perusahaan, terutama usaha kecil dan menengah dan bisnis pada tahapan awal perkembangannya yang butuh tetapi tidak selalu membutuhkan karyawan tetap. Dengan membayar jasa dari para freelancer ketika mereka membutuhkannya, ini akan menjadi lebih efektif bagi para pemilik bisnis. Ini juga merupakan langkah yang tepat untuk melibatkan orang tertentu sesuai dengan kemampuannya.

Beberapa jasa yang dapat dikerjakan dengan cara remote jarak jauh oleh freelancer bisa jadi merupakan pekerjaan yang tidak bisa dilakukan oleh pemilik bisnis itu sendiri. Tidak setiap pemilik bisnis bisa merekrut asisten pribadi, tapi dengan mempekarjakan para freelancer maka pemilik bisnis akan mendapatkan layanan sesuai permintaan layaknya asisten pribadi. Cara ini bisa menghemat pengeluaran upah untuk para pekerja dan semakin mahalnya upah kerja bagi karyawan tetap yang sudah tidak produktif lagi. Dengan memakai sumber daya manusia yang dibayar per jam, dimana freelancer biasa menawarkan jasanya.

Fokus pada Membangun Bisnis

Fungsi lain yang juga bisa diminta pada penyedia jasa dari luar meliputi akuntansi, web design, SEO, desain grafis, riset pasar untuk mengumpulkan informasi dari minat para konsumen, desain konten web, manajemen dan lain sebagainya. Sebenarnya seluruh sisi operasional bisnis dapat diserahkan kepada asisten virtual, sementara pemilik bisnis berkonsentrasi pada pengembangan perusahaan.

Untuk menjadikan asisten virtual atau freelancer, langkah pertama adalah yaitu menentukan posisi dimana kamu memang ahli pada bidangnya supaya pada nantinya tidak ada penyewa jasa yang merasa tidak puas dengan apa yang kamu kerjakan. Selanjutnya yang lebih penting yaitu melengkapi profil selengkap-lengkapnya pada web yang kamu ikuti agar calon pelanggan dapat mengetahui seberapa kemampuan yang kamu miliki serta apa saja jasa yang bisa kamu tawarkan. Salah satu cara yang cukup bagus untuk ini adalah dengan membuat sebuah blog yang isinya selalu ter-update dan menarik. Tidak ada salahya juga memanfaatkan Facebook sebagai portofolio serta jasa apa saja yang kamu tawarkan.

Menjadi seorang freelancer menawarkan kebebasan untuk bekerja sesuka hati, dan tanpa terikat pada satu atasan tertentu. Enaknya lagi freelancer dapat bekerja pada lebih dari satu pihak, yang mana hal ini menjadikan bekerja sebgai freelancer semakin populer akhir-akhir ini.


Referensi :  http://EzineArticles.com/expert/Phil_Andrews/2043953

0 comments: