Wednesday, November 22, 2017

Mencari Modal untuk Memulai Bisnis

Ketika terpikir untuk membuat sebuah usaha, perlu diperhitungkan mengenai ide usaha, skala usaha, kompetisi, permintaan pasar, tenaga kerja serta yang sangat penting adalah masalah modal awal untuk memulai usaha.

Ada beberapa cara alternatif yang dapat digunakan untuk mendapatkan dana usaha, diantaranya:

1. Dana Sendiri
Anda dapat mengusahakan modal usaha dengan modal anda sendiri, misalnya menggunakan uang tabungan yang sudah ada selama ini atau menjual sebagian aset berharga yang anda miliki saat ini seperti logam mulia atau perhiasan. 

2. Mencari dana hibah perusahaan
Modal juga dapat diperoleh dari dana hibah perusahaan melalui program dana modal usaha yang banyak tersedia, anda bisa mencarinya di Google. Untuk teknis penyaluran dana biasanya dalam bentuk event competition.

3. Menjalin kerjasama dengan teman atau kerabat yang berminat
Cara ini dapat dijadikan pilihan. rekan bisnis tersebut bisa jadi hanya memberikan bantuan berupa modal atau bisa membantu operasional bisnis sehari-hari. Anda juga harus menyepakati sistem pembagian hasil dengan perjanjian tertulis di atas materai untuk mengantisipasi apabila terjadi sesuatu dikemudian hari.

4. Mencari investor
Hampir sama dengan menjalin kemitraan. cara ini juga membantu kita mendapat dana dari pihak ketiga. Bedanya, investor umumnya hanya memberikan modal tanpa ikut terjun langsung dalam operasional. Sama seperti poin sebelumnya, pembagian hasil atau kesepakatan lain harus dibuat secara tertulis agar kedua belah pihak tidak ada yang merasa dirugikan apabila terjadi sesuatu dikemudian hari. 

5. Mengajukan pinjaman ke bank atau koperasi
Anda wajib menyiapkan profil usaha yang akan dibuat berupa proposal. Beberapa investor atau perusahaan meminta anda untuk menyampaikan sebuah rancangan usaha yang bertujuan untuk menilai kelayakan sebuah bisnis ditinjau dari sisi keuntungan finansial, keuntungan secara makro ekonomi, serta keuntungan sosial yang berkaitan dengan usaha yang akan anda bentuk. Namanya pinjaman, anda wajib mengembalikan uang tersebut dalam jangka waktu tertentu ditambah bunga. Pinjaman yang besarannya antara 8 sampai 10 persen pertahun, maka jadikan pilihan terakhir karena kewajiban membayar cicilan dan bunga akan menjadi kendala bagi bisnis yang baru mulai berjalan. 

Sekian semoga bisa menjadi pertimbangan anda ketika akan memulai sebuah bisnis. Terima kasih.

0 comments: