Monday, November 6, 2017

Kenapa Internet Kita Lemot


Koneksi internet di Indonesia.

Sebuah topik yang sangat-sangat kontroversi bagi para netizen. Kenapa internet di Indonesia sangat bikin emosi.

Banyak yang bertanya kenapa Internet di Indonesia lemot banget tidak seperti di negara tetangga? Apa penyebabnya?

Bukankarena tiang BTS kurang tinggi atau sejenisnya, faktor pertamanya adalah infrastruktur.
Internet itu pada dasarnya membutuhkan infrastruktur. Sebuah perusahaan harus membangun kabel telepon, kabel fiber optik, hingga tiang pemancar yang harganya milyaran hanya untuk bisa streaming misalnya video Youtube dengan lancar.

perkembangan internetpun sebanding dengan infrastruktur lainnya, jalan raya kita masih banyak yang berlubang, jembatan masih banyak yang rusak, bahkan masih banyak desa yang belum teraliri listrik. Artinya apa? Membangun infrastruktur itu tidak murah dan membutuhkan dana yang sangat banyak, alasan yang sangat klasik.

Itu bedanya kita dengan negara tetangga, yaitu soal pendanaan. Provider internet adalah bisnis yang sangat capital intensive, artinya membutuhkan kantong yang tebal untuk memulai bisnis ini.
Tapi tunggu dulu, negara tetangga juga tidak lebih kaya dari kita, tetapi internetnya bisa lancar  dan tidak lemot? Ini Alasannya,

Faktor Geografis
Kadang-kadang kita lupa, negara kita itu luasnya sangat luas, dari sabang sampai merauke belum lagi ada hutan yang masih sangat liar, gunung-gunung, lautan luas dan lainnya. Artinya kondisi geografis Indonesia ini menciptakan tantangan tersendiri dari kita untuk membangun infrastruktur, tidak seperti negara tetangga. Intinya, semisal kita ingin membangun rumah, tapi kalau kita tidak punya dana cukup, mana bisa akan jadi rumah sesuai kenginan kita? Karena membangun sebuah rumah itu mahal, apalagi kalau lahan yang akan dibangun banyak tantangan geografisnya jadilah rumah kita seadanya seperti halnya kondisi internet di Indonesia.

Jadi jangan pernah memamerkan speed internet di depan teman kalian karena itu lebih sensitif daripada nanyain orang tentang berat badan. =D

Jadi kesimpulannya udah kita dengar berkali-kali di berita, internet di Indonesia terlemot di dunia, atau yang sedikit lebih baik, internet di Indonesia terlemot kedua di dunia. Tapi itu memang berita benar, silahkan cari di Google kalau masih tidak percaya.

Tapi apapun yang terjadi,jangan pernah benci internet, karena internet adalah tempat yang keren, sumber informasi, ensiklopedia gratis, tempat cari video dangdut, kucing ngomong, dan meme musiman nggak jelas.

Jadi sekian untuk tulisah kali ini, karena kuota internet saya sudah di ujung tanduk. Terima kasih =D

0 comments: