Thursday, August 24, 2017

Iklan Adsense Tidak Muncul di Blog - Cara Mengatasinya

Apakah anda pernah mengalami seperti apa yang baru saja saya alami? Yaitu ketika kita menambahkan space iklan adsense pada blog, akan tetapi hanya tersedia space kosong tanpa adanya iklan yang tampil di dalamnya. Padahal sudah kita cek di google adsense bahwa iklan tersebut sudah aktif dan sudah terpasang pada blog kita.

Ada beberapa penyebab yang mungkin terjadi berkaitan dengan hal tersebut yang menyebabkan iklan adsense tidak muncul pada space iklan blog kita.

1. Akun Anda Sebelumnya Ditolak
Jika permohonan Adsense anda sebelumnya ditolak, maka server Google telah memutuskan untuk tidak menayangkan dan fungsi Adsense untuk penelusuran pada situs iklan manapun pada blog anda. Kemunculan iklan pada blog bisa tertunda sampai 48 Jam, sementara untuk penelusuran bisa tertunda hingga sampai 1 minggu.

2. Kode Adsense Belum Diterapkan dengan Benar
Untuk memverifikasi bahwa kode Adsense telah diterapkan dengan benar, pertama-tama, buka blog anda di browser, kemudian lihat sumber halaman. Lalu bandingkan kode dari akun Adsense. Kemungkinan lain juga bisa disebabkan karena : Kode tidak lengkap, semua kode tertulis pada satu baris, kode berisi tag HTML tambahan di dalamnya.

4. Anda Mendaftar Mitra Host Adsense dan Menerapkan Kode Iklan
Jika anda mendaftar melalui mitra Host Adsense seperti Blogger dan Youtube dan ingin menampilkan iklan di domain anda sendiri, anda harus mengajukan permintaan persetujuan dari akun Adsense.

5. Sebenarnya Iklan Tayang, tapi Tertutup oleh Elemen Lain
Meskipun anda bisa memilih tempat untuk meletakkan iklan di halaman anda, pastikan untuk tidak menyematkan tag DIV yang berlebihan, ini akan menyebabkan iklan anda tertutup oleh elemen lain.

Di atas tadi, merupakan beberapa bantuan dari Google yang bisa saya tangkap.

Untuk kasus kali ini, berdasarkan pengalaman yang saya alami, iklan tidak muncul karena ada beberapa kode yang perlu disempurnakan. Ini yang saya lakukan.

1. Buka Akun Adsense Anda
Yang pertama harus dilakukan, buka akun Adsense anda, apakah sudah ada iklan yang aktif atau belum? 

2. Buka Blog Anda
Kemudian, setelah dipastikan sudah ada unit iklan yang aktif, sekarang anda lihat pada blog anda, apakah iklan muncul, atau masih hanya tersedia space iklan kosong? jika masih kosong, mari kita eksekusi.

3. Eksekusi
Pastikan sudah masuk pada Adsense > My ads. Disitu anda dapat melihat unit iklan yang aktif pada blog anda. Kemudian anda klik "dapatkan kode".


Kemudian akan muncul halaman yang menampilkan kode iklan pada blog anda, tinggal anda block, lalu copy.

Setelah itu, anda masuk pada Blogger, lalu masuk pada menu "tata letak", setelah itu coba anda tambahkan gadget "HTML/JavaScript". Kemudian paste kode iklan yang sudah di copy  tadi pada kolom konten.


Kemudian ubah beberapa kode yaitu menghapus kode "ca pub -" dan beberapa kode di bawahnya, seperti gambar di bawah ini.


Setelah selesai, silahkan anda simpan. kemudian coba lihat blog anda, iklan sudah muncul. Ini solusi yang saya dapatkan saat iklan Adsense tidak muncul, dan sekarang iklan sudah muncul.

Terima Kasih, semoga bermanfaat :).

#Adsense #Iklan

0 comments: